Tugas metode riset bisnis
Tema : produk curug gentong
judul : analisis strategi pemasaran dalam curug gentong
1.1
Latar
Belakang
Sebagaimana
diketahui keadaan dunia usaha bersifat dinamis, yang selalu mengalami perubahan
yang terjadi setiap saat. Oleh karena itu strategi pemasaran mempunyai peranan
yang sangat penting untuk keberhasilan perusahaan umumnya dan pada bidang
pemasaran khususnya. Disamping itu strategi pemasaran yang diterapkan harus
ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar
tersebut.
Suatu produk
tidak akan dibeli bahkan dikenal apabila konsumen tidak mengetahui kegunaan,
keunggulan, dimana produk dapat di peroleh dan berapa harganya. Untuk itulah
konsumen yang menjadi sasaran produk perusahaan perlu diberikan informasi yang
jelas. Oleh karenanya adalah menjadi keharusan bagi perusahaan untuk
melaksanakan promosi dengan strategi yang tepat agar dapat memenuhi sasaran
yang efektif.
Dalam mencapai
strategi pemasaran yang tepat dan terbaik untuk diterapkan, salah satunya
perusahaan dapat melihat dari faktor bauran pemasaran. Hal tersebut penting
karena bauran pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan konsumen dalam
melakukan keputusan pembelian suatu produk.
Oleh karena itu,
diperlukan suatu cara yang dapat menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Untuk
mencapai tujuan tersebut, maka pemasaran menjadi salah satu ujung tombak pada
setiap perusahaan, karena suatu produk dapat diketahui dan diterima oleh
konsumen sangat bergantung pada pemasarannya. Hal tersebut berlaku disemua
bidang usaha yang ingin bertahan untuk memperoleh keuntungan yang optimal.
Usaha Kecil Menengah (UKM) Curug Gentong merupakan
usaha kerajinan tangan yang mempunyai daya tarik sendiri, dikalangan konsumen
pencinta seni miniatur. UKM Curug Gentong memiliki nuansa arsitektuair terjun/curug dalam ukuran yang relatif kecil, sehingga lebih mudah dalam penempatannya.
1 Sejarah Berdirinya
Perusahaan
Curug gentong merupakan sebuah produk handycraft kerajinan tangan dengan
produk utama berupa miniatur air terjun di dalam sebuah gentong yang telah
dimodifikasi. Usaha Curug Gentong ini ditemukan dan diciptakan oleh Ibu Hj.
Ritta Apriyanti pada tahun 2002. Usaha ini merupakan sebuah penyaluran hobi dari
Ibu Ritta yang gemar me-recycle
barang-barang “tidak berguna” menjadi barang bernilai seni dan layak untuk
dikoleksi.
Inspirasi Curug Gentong ini bermula pada
waktu ibu Ritta mendengar keluhan salah seorang teman yang hendak berpindah
rumah. Teman ibu Ritta tersebut memiliki
Landscape air terjun dan taman kecil yang berada dipekarangan belakang
rumahnya, namun sayangnya landscape
yang indah tersebut tidak bisa ikut pindah ke rumah baru karena landscape tersebut bersifat permanen dan
berukuran besar. Berawal dari keluhan temannya Ibu Ritta tersebut tersirat ide
yang briliant untuk mencoba membuat miniatur taman dan miniatur air terjun yang
dapat berpindah tempat. Dengan tekat yang kuat mulailah ibu Ritta mencari
bahan-bahan untuk merealisasikan ide kreatifnya tersebut. Gentong, pompa mesin
sirkulasi akuarium mini, semen, dan pecahan asbes pun telah dipersiapkan
sebagai bahan dasar untuk membuat kerajinan tangan berupa miniatur air terjun
dan miniatur taman. Setelah mencoba-coba dan dengan didukung oleh keuletan ibu
Ritta dalam meng-explorasi
bahan-bahan maka lahirlah sebuah produk bernilai seni tinggi bernama “Curug
Gentong”.
Strategi pemasaran .
UKM ini melakukan strategi pemasaran dengan cukup sederhana , yaitu melakukan pameran pameran di ajang kerajinan tangan , ada juga hal yang lain seperti melakukan layanan di rumah pemilik ukm ini .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar